Muflih: Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulbar Lompatannya Begitu Cepat

indonesiasatu, 15 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MAMUJU - Sehari setelah pelaksanaan rapat mingguan, di ruang rapat Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov. Sulbar kembali digelar pertemuan. DR. H. Misbahuddin, MA, selaku Kepala Bidang Bimas Islam memimpin dan membuka pertemuan yang dihadiri seluruh kepala seksi dan seluruh pegawai di Bidang Bimas Islam. Keynote speaker pada kesempatan ini adalah Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat, DR. H. M. Muflih Bachyt Fattah, MM.

Muflih" Selain kembali mengingatkan pentingnya menjaga kedisiplinan, juga menyampaikan tentang pentingnya setiap seksi memahami dengan benar tugas dan fungsinya masing-masing. Hal tersebut, menurut Muflih, merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar sebagai imbas dari adanya audit kinerja.

Audit kinerja adalah suatu proses sistematis dalam memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif atas kinerja suatu organisasi, agar dapat melakukan penilaian secara independen. Evaluasi dilakukan berdasarkan aspek ekonomis, efisiensi dan efektivitas dalam mencapai hasil yang diinginkan, serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, hukum, dan kebijakan terkait.

Pelayanan adalah tolak ukur. Harus berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan teratur. Terkait pelayanan, Muflih mengingatkan agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Harus maksimal. Pelayanan tidak boleh mengecewakan. Dan kalau ada penyimpangan, kekeliruan yang bisa mencederai organisasi maka harus dicegah. Tidak boleh ada pembiaran”, tegas sosok bertanggung jawab dan berintegritas ini.

Dengan sangat baik Muflih memahami bahwa koordinasi tidak lain adalah mengusahakan keselarasan antara pekerjaan seseorang dengan orang lain, antara bagian satu dengan bagian yang lain. Sehingga, dengan demikian, memungkinkan terjadinya efektivitas dalam sebuah pekerjaan.

“Para kepala seksi harus intens membangun koordinasi dengan Kabid. Jangan ada jarak. Kabid Bimas Islam ini lompatannya begitu cepat. Kepala seksi harus proaktif. Karena kalau diam, akan tertinggal”, tegas (Muflih) lebih lanjut.

Sementara itu, Kabid Bimas Islam menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih di tingkat nasional. Misalnya, lomba LKTI tingkat nasional Sulawesi Barat masuk tujuh besar. Juara Harapan Satu lomba Hafidzah 10 Juz, serta tidak pernah bergeser dari posisi lima besar dalam hal realisasi anggaran tingkat nasional.

‘’Dan insya Allah, pak Kanwil, di tahun 2020 ini, sementara kita gagas beberapa MoU. Pertama, Mou dengan BPDAS terkait dengan penanaman pohon. Kemudian yang kedua dengan BNN terkait penyuluh narkotika. Ketiga, terkait dengan Desa Binaan. Keempat, penataan sistem kepegawaian”, beber Misbah terkait gagasan yang ada di Bimas Islam tahun ini.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi lompatan-lompatan inovatif serta dinamisasi positif yang ada di Bimas Islam ini”, Kata Muflih di ujung pertemuan. 14/01/2020.


(hamma) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu